Minggu, 30 Oktober 2011

Social Networking

Perkembangan jaman sekarang semakin maju ditandai dengan penggunaan Teknologi Informasi yang sangat pesat. Internet adalah salah satu bukti pesatnya perkembangan jaman sekarang ini. Internet adalah suatu wadah dari jaringan komputer di seluruh dunia tanpa memandang letak geografis.
Namun di samping itu lewat internet terjadi suatu interaksi dan hubungan sosial yang cepat dan mudah yaitu menggunakan social networking, kita dapat mendapatkan teman dengan mudah.
Social Networking itu sendiri adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.

1. BBM

BlackBerry Messenger adalah program pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. Semuanya bisa didapatkan oleh pengguna perangkat BlackBerry pada aplikasi ini. BlackBerry Messenger merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail. Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna. Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing perangkat BlackBerry.

Fungsi BBM adalah untuk menambah teman lewat media pesan yang dapat dilakukan dengan cepat dikarenakan menggunakan media layanan khusus.

2. FACEBOOK
Facebook adalah suatu sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Fitur Facebook
Berikut sebagian contoh fitur dari Facebook :
- Poke Fitur colek ditujukan sebagai "dorongan" untuk menarik perhatian pengguna lain.
- Status Updates : Facebook memiliki fitur bernama "status updates" (atau "status" saja) yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
- Wall : Dinding adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.

3. Skype

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.



4. Linkedin
Adalah suatu jejaring sosial yang sangat banyak penggunanya berkisar diatas 100 juta. Linkedin berfungsi untuk mencari profesi seseorang sesuai yang kita cari. linkedin sangat membantu dalam mencari pekerjaan.

Sumber :
http://www.ridwanforge.net/blog/jejaring-sosial-social-networking
http://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry_Messenger
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Fitur_Facebook
id.wikipedia.org/wiki/Skype

Tidak ada komentar:

Posting Komentar