Selasa, 04 Oktober 2011

Arsitektur Server side dan client side


Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

1. Arsitektur server -side
Server Side Technology Server Side Technology adalah teknologi web dimana script dijalankan di server, kemudian hasil dari pemrosesan itu kemudian dikirimkan ke client (browser) dalam bentuk HTML murni sehingga bisa ditampilkan oleh pengguna.

Keunggulan Server Side Technology : - Tidak tergantung pada browser - lebih aman, karena script diserver tidak bisa dilihat browser - waktu load lebih cepat karena yang didownload adalah dokumen HTML murni.
contoh script : PHP, ASP (Active Server Page), CGI (Common Gateway Interface).


2. Arstitektur Client- side
Teknologi client side
Client side Technology adalah teknologi web programming dimana script dijalankan komputer client, tanpa berinteraksi dengan server. Di client slide teknlogi ini, code script sangat bergantung pada browaser yang digunakan.
Contoh script : java script, VB script, ActiveX Contorl, Java Applets.
Pada teknologi Client Side proses update data dilakukan pada sisi browser.
Sebagai contoh : jika kita melakukan interaksi dengan halaman web maka browser yang akan mengelola apa yang kita perintahkan.


sumber :
http://telematika.web.id/index2.shtml
http://sumarlyn.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar