Minggu, 27 November 2011

Voice Recognition



Voice Recognition di bidang Militer

Kemampuan dari sebuah elektronik keamanan perangkat untuk mengenali suara (yang unik sebagai sidik jari) dari tertentu seseorang . Sebaliknya, pengenalan suara adalah kemampuan untuk mengenali diucapkan kata-kata saja dan bukan individu suara karakteristik.

Latar Belakang

Pengenalan ucapan saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Banyak aplikasi-aplikasi yang telah dihasilkan seiring dengan metode dan proses dari pengenalan ucapan tersebut. Dari perkembangan teknologi pengolahan sinyal suara ini munculah ide untuk membuat suatu sistem kendali robot yang efektif hanya dengan menggunakan suaramanusia.

Teknologi Komunikasi

Algoritma yang digunakan
Algoritma jaringan syaraf tiruan merupakan algoritma yang memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman. Algoritma ini cocok untuk diaplikasikan ke permasalahan yang hanya diketahui masukan serta keluarannya, dan proses antara masukan dan keluaran tidak diketahui. Dengan alasan tersebut, algoritma jaringan syaraf tiruan ini dapat dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan pengenalan suara pada sistem ini.

Aplikasi Voice recognition pada bidang Militer
Pelatihan Penerbangan
Aplikasi alat pengenal ucapan dalam bidang militer adalah pada pengatur lalu-lintas udara atau yang dikenal dengan Air Traffic Controllers (ATC) yang dipakai oleh para pilot untuk mendapatkan keterangan mengenai keadaan lalu-lintas udara seperti radar, cuaca, dan navigasi. Alat pengenal ucapan digunakan sebagai pengganti operator yang memberikan informasi kepada pilot dengan cara berdialog.

Helikopter
Aplikasi alat pengenal ucapan pada helikopter digunakan untuk berkomunikasi lewat radio dan menyesuaikan sistem navigasi. Alat ini sangat diperlukan pada helikopter karena ketika terbang, sangat banyak gangguan yang akan menyulitkan pilot bila harus berkomunikasi dan menyesuaikan navigasi dengan terlebih dahulu memencet tombol tertentu.

Cara Kerja
Salah satu bentuk pendekatan pengenalan suara adalah pendekatan pengenalan pola yang terdiri dari dua langkah yaitu pembelajaran pola suara dan pengenalan suara melalui perbandingan pola. Tahap perbandingan pola adalah tahap saat suara yang akan dikenali
dibandingkan polanya dengan setiap kemungkinan pola yang telah dipelajari dalam fase pembelajaran, untuk kemudian diklasifikasikan dengan pola terbaik yang cocok. Blok diagram pembelajaran pola dan pengenalan suara ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Sumber :
http://translate.google.co.id/translate?sl=auto&tl=id&js=n&prev=_t&hl=id&ie=UTF-8&layout=2&eotf=1&u=http%3A%2F%2Fwww.businessdictionary.com%2Fdefinition%2Fvoice-recognition.html&act=url
http://eprints.undip.ac.id/19058/2/M_L2F004490.pdf
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengenalan_ucapan#Perkembangan_alat_pengenal_ucapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar