Selama saya belajar tentang CRM (Customer Relationship Management) saya mendapat gambaran bahwa CRM adalah suatu usaha/upaya/ strategi suatu perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan mencari kepuasaan pelanggan.
Banyak implementasi yang CRM yang dilakukan perusahaan diantaranya memberikan fasilitas-fasilitas untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan, kemudian membuat customer service untuk menerima keluhan - keluhan pelanggan, dan sebagainya.
Teknologi informasi juga dibutuhkan pada penerapan CRM, contoh Dalam suatu perusahaan dalam membangun database pelanggan , perusahaan membutuhkan sebuah server untuk mengolah database pelanggan, kemudian jika perusahaan tersebut mempunyai kantor cabang maka server cabang harus terkoneksi secara real time dengan kantor pusatnya dengan membangun koneksi internet antar Kantor cabang dengan Kantor pusat.
Jadi saat ini dalam membangun CRM Teknologi informasi sangat diperlukan kehadirannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar